iTunes error 4013 pada saat restore

Error 4013/4014 yang muncul pada iTunes saat proses restore atau upgrade adalah kesalahan pada sisi hardware. Biasanya disebabkan karena kabel USB yang kurang baik, atau karena port konektor pada iDevice yang bermasalah. Akibatnya, komputer yang digunakan untuk melakukan restore tidak bisa berkomunikasi dengan lancar dengan iDevice sehingga muncullah error 4013 ini.

Jika proses restore gagal, biasanya iDevice akan kembali ke kondisi Recovery Mode dan Anda harus mengulang proses restore mulai dari awal lagi.

Meskipun iDevice mampu dikenali dengan baik oleh komputer dan iTunes, dan tampaknya normal, tetapi ada bagian kabel/port yang menangani komunikasi data yang akan lemah pada saat proses restore berjalan.

Jadi, kalau Anda mengalami masalah tersebut, cobalah untuk:

  1. Upgrade versi iTunes ke yang terbaru.
  2. Set iDevice ke DFU Mode.
  3. Ganti/pindah port USB.
  4. Ganti/pinjam kabel yang lain/baru.
  5. Bersihkan port pada iDevice untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang bisa menggangu.

Kalau cara di atas masih belum berhasil mengatasi error 4013 yang muncul, cobalah untuk menggunakan komputer lainnya.

Tapi, kalau tidak ada yang berhasil meskipun sudah ganti komputer, coba ke tukang service untuk ganti kabel flex konektornya.

Good luck 🙂

10 Replies to “iTunes error 4013 pada saat restore”

  1. Om ivan saya yang tempo hari konsul masalah error 4013 ini
    Setelah saya kutak katik seperti yang om ivan sarankan ternyata belum berhasil
    Akhirnya saya bawa ke tempat servis, mereka bilang ini bukan mslh di software tapi hardware, selang beberapa lama mereka benerin dan akhirnya iphone nya balik sprti semula lagi
    Kata mereka rusaknya itu di mainboard nya, saya tanya lagi apakah nanti bakal kambuh2an mereka tidak bisa kasih jaminan pasti

    Yang mau saya tanyakan, berdasarkan guide di atas kan kemungkinan kena flex connector, mungkin ga ada penyebab lain? (Mainboard maybe kyk yg tmpat servis bilang)
    Masalahnya kalo benar begitu saya considering mau jual aja iphonenya takutnya kalo kambuh lagi (krn biaya servisnya lumayan besar kemarin) thanks before om

    1. Ass sy mau tanyak, iphone 5s sy lg begini dan tdk tau mau service dimana. Km bs bantu service dmn karna sy sudah ke ibox dan lain lain katanya ini kena mainboard dan mereka tdk bs membetulkannya. Tau tmpt dan biayanya?

  2. mas, saya udah coba berkali2 tapi tetap tidak bisa. error muncul saat mulai “preparing iphone”.. trus dari logo recovery masuk ke logo apple, habis itu logo applenya spt memudar trus reboot… gmn mas?

    1. yang belum saya coba cuman ganti flex connector. kabel usb saya udh beli sampai 2 jenis. apa emang harus ganti flex connector yes…? kalau iya, apa ada tanda2 lain kalo flex connector nya udh kena? soalnya tancepin laptop langsung ke detect jg.. cm selalu gagal restore. tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *