iPhone software
Seringkali pengguna Windows mengeluhkan bahwa file IPSW yang mereka download tidak cocok dengan apa yang ingin mereka download. Misalnya, yang tertulis di halaman sebuah situs berekstensi .ipsw, tetapi setelah didownload malah menjadi .rar (yang biasanya ditandai dengan ikon yang diasosiasikan dengan program WinRAR untuk Windows). Akibatnya, file tersebut tidak bisa dipakai untuk melakukan restore karena iTunes tidak mengenali format filenya.

Apa yang terjadi?

Sebenarnya, pada saat Anda mendownload file .IPSW secara manual (bukan dari iTunes) maka Anda benar-benar mendownloadnya dari server Apple, hanya saja begitu sampai ke komputer Anda, entah itu pada saat masih proses transfer atau saat filenya komplit ekstensi dari file tersebut diubah dari .IPSW menjadi .RAR. Biasanya sih yang mengubahnya browser yang Anda gunakan untuk mendownload.

Tapi tidak masalah. Untuk membuatnya normal kembali Anda hanya perlu mengubah ekstensinya dari .RAR ke .IPSW.

Solusi

Pertama-tama, Anda perlu tahu dulu sebelumnya apakah Windows Explorer di komputer Anda telah menampilkan ekstensi dari sebuah file atau tidak.

Normalnya, ekstensi file di Windows Explorer akan disembunyikan sehingga semua karakter yang berada di belakang titik/dot (.) akan disembunyikan. Misalnya saja, sebuah file video dengan format .MP4 yang seharusnya bernama “Apple_keynote2014.mp4” hanya akan ditampilkan sebagai “Apple_keynote2014” saja. Kalau Anda belum yakin, coba buka My Documents atau folder pribadi Anda dan perhatikan. Kalau ekstensi file ditampilkan, Anda hanya tinggal mengubah (rename) saja. Kalau belum, ikuti langkah berikut.

  1. Pada jendela Windows Explorer, klik menu Organize > Folder and search options
  2. Windows Explorer

  3. Pada jendela Folder Options, hapus tanda centang dari “Hide extensions for known file types”, kemudian klik Apply.
  4. Windows Explorer

  5. Setelah itu ekstensi file akan dimunculkan, seperti ini..
  6. Windows Explorer

  7. Langkah terakhir, ubah saja nama file pada bagian “rar” menjadi “ipsw”. Jika ada pesan peringatan, konfirmasikan dengan mengklik OK.
  8. Windows Explorer

  9. File .IPSW telah menjadi normal. Anda sudah bisa menggunakannya untuk melakukan restore via iTunes.
  10. Windows Explorer

Selamat mencoba.

Baca juga: Cara melakukan update/restore pada iDevices.