Menurut laporan dari MacRumors, Apple telah mengubah fitur keamanan dari iOS 8.3 yang salah satu efeknya adalah tertutupnya akses ke file system atau direktori aplikasi pada iDevices.

Apple has changed security settings in iOS 8.3 that prevent file managers and transfer utilities such as iFunBox, iTools, iExplorer, iBackupBot and PhoneView from gaining access to app directories on an iPhone, iPad or iPod touch. The change breaks current versions of transfer utilities for OS X and Windows,

Hal ini menyebabkan program-program file manager seperti iFunBox, iTools, iExplorer, dsb yang biasa digunakan untuk mentransfer file atau membaca data pada direktori aplikasi iOS menjadi tidak berguna lagi. Cara yang bisa ditempuh untuk dapat membaca direktori yang dilindungi tersebut hanya melalui jailbreak.

Jadi, kalau Anda menemukan masalah seperti direktori iOS (khususnya direktori aplikasi) tidak mau terbaca di komputer Anda, itu bukan karena salah komputer Anda atau drivernya. Tapi itu karena adanya perubahan pada sisi keamanan iOS 8.3.

Pernyataan dari Macroplant (iExplorer):

We are currently investigating how the iOS 8.3 update blocked access to the Apps directory, and we are looking into ways around it. All iDevice transfer utilities seem to be experiencing this exact same blocked access in iOS 8.3, so it’s not just a bug with iExplorer or iBrowse. Apple has definitely changed something with the way apps can be accessed in iOS.

Kabarnya beberapa pengembang program-program file manager seperti yang disebutkan di atas telah menyadari masalah ini dan mungkin akan menyiapkan workaround atau fix untuk mengatasi masalah ini.

Untuk saat ini, kalau Anda bergantung pada kemampuan program file manager untuk membaca direktori pada iDevice Anda, sebaiknya tunda dulu mengupgrade ke iOS 8.3, setidaknya sampai ada kepastian bahwa sudah ada program baru yang mampu melewati batasan dari Apple ini (meskipun kecil kemungkinan).