Aplikasi bawaan hilang setelah jailbreak?

iOS jailbreak

Pernah mendapati aplikasi-aplikasi bawaan pada perangkat Anda menghilang begitu saja saat baru saja selesai melakukan jailbreak? Jangan panik, karena itu bukanlah kerusakan permanen.

Mengapa ini bisa terjadi?

Pada saat proses jailbreak berlangsung, atau hampir selesai, Cydia akan mengatur ulang file system iOS sebelum bisa digunakan oleh pengguna untuk pertama kalinya. Proses mengatur ulang ini dilakukan dengan cara memindahkan direktori (atau folder) /Applications yang berisi aplikasi-aplikasi sistem atau bawaan (sejak iOS 8 direktori ini diganti menjadi /private/var/mobile/Containers) ke sebuah direktori baru bernama /private/var/stash yang berada pada partisi user (bagian dari ruang penyimpanan yang khusus untuk data-data pengguna).

Mengapa perlu dipindahkan ke partisi user? Tujuannya supaya aplikasi, tweaks atau tema Cydia yang di-install oleh pengguna nantinya tidak akan memenuhi ruang pada partisi root yang ukurannya lebih kecil dibanding partisi user.

Nah, pada saat proses pemindahan ini berlangsung (preparing filesystem), gangguan dari luar bisa saja terjadi yang menyebabkan proses preparing filesystem ini gagal dilakukan. Salah satu gangguan ini adalah karena fitur auto lock (kunci layar otomatis) yang lupa dimatikan. Auto lock yang menginterupsi proses preparing filesystem ini bisa menyebabkan sebagian atau bahkan seluruh aplikasi bawaan menjadi tidak nampak pada Home screen. Sebenarnya aplikasi-aplikasi tersebut tidak hilang begitu saja, tetapi karena lokasi barunya belum terdeteksi dengan sempurna saja makanya ikon aplikasinya tidak muncul.

Jadi, kalau masalah ini terjadi pada Anda, restore ulang saja ke kondisi normalnya. Dan cobalah melakukan hal ini sebelum jailbreak:

  1. Nonaktifkan Find My iPhone
  2. Nonaktifkan Passcode
  3. Nonaktifkan Auto lock
  4. Aktifkan Airplane mode

Setelah itu, colokkan perangkat Anda dan mulai jailbreak!

Setelah jailbreak, Anda boleh menyalakan lagi fitur-fitur di atas yang Anda rasa wajib.

Semoga mambantu.