iOS Safe Mode

Setiap kali seseorang mengalami masalah yang berkaitan dengan aplikasi/tweak Cydia pada iDevicenya (yang sudah dijailbreak), ada yang langsung menyarankan untuk “booting ke safe mode dan hapus tweak yang error”, dan semacamnya. Sebenarnya sarannya sudah tepat, itu adalah cara yang tepat untuk menangani aplikasi atau tweak Cydia yang bermasalah dan mengganggu sistem. Hanya saja, terkadang orang bingung mana Safe Mode dan mana No-substrate mode.

Umumnya, ketika seseorang mengatakan “booting ke safe mode” yang sebenarnya dimaksud itu adalah “booting ke no-substrate mode”. Kedua istilah ini memang cukup mirip sehingga seringkali dipertukarkan penggunaanya, tapi sebenarnya ada perbedaan mendasar.

Apa bedanya Safe mode dan no-substrate mode?

Cydia Substrate

Cydia Substrate atau sering disingkat Substrate adalah suatu bagian dari jailbreak yang berfungsi sebagai rangka, atau penopang kerja. Substrate lah yang memungkinkan tweak-tweak Cydia bisa berjalan dan berfungsi dengan normal sesuai dengan keinginan pembuatnya. Oleh karena itu, fungsi Substrate sangatlah penting.

Baca juga penjelasan lengkapnya di “Apa itu Cydia Substrate?“.

Safe mode

Pada dasarnya Safe Mode adalah fitur bawaan dari Cydia Substrate.

Safe mode adalah kondisi ketika ada masalah pada aplikasi/tweak Cydia yang membuat SpringBoard (Home screen pada iOS) mengalami crash. Pada saat SpringBoard ini crash, iDevice akan reboot ulang tetapi menonaktifkan sebagian besar aplikasi dan tweak Cydia yang terinstall agar tidak terjadi bootloop (reboot yang berulang-ulang).

Safe Mode itu wajar terjadi terutama bagi orang yang suka mengutak-atik iDevicenya. Semua orang yang pernah menjailbreak iDevicenya setidaknya pernah satu kali mengalami yang seperti ini.

Safe Mode sesuai dengan namanya adalah mode aman, yang berguna untuk mengamankan iOS dari kerusakan berat yang bisa ditimbulkan oleh tweak yang bermasalah. Pada saat crash terdeteksi, Safe Mode yang bertindak sebagai lapisan pengaman segera menonaktifkan semua aplikasi dan tweak Cydia sehingga pengguna bisa segera memperbaiki masalahnya.

Safe Mode tidak menghilangkan Cydia, hanya menonaktifkan aplikasi/tweak nya saja sehingga memberikan kesempatan pengguna untuk menghapus aplikasi/tweak yang bermasalah tanpa harus melakukan restore ulang. Pada kondisi ini Cydia masih bisa dijalankan untuk menghapus aplikasi/tweak yang bermasalah.

Safe Mode ditandai dengan munculnya pesan “We apologize for any inconvenience but SpringBoard has just crashed” yang berisi tombol OK, Restart dan Help (seperti pada gambar di atas). Pada kondisi Safe Mode wallpaper akan menjadi abu-abu dan akan muncul teks “Exit Safe Mode” di statusbar yang bisa ditap untuk memunculkan pesan Safe Mode (seperti di atas) dengan tombol Restart yang bisa membuat iDevice reboot ke kondisi normal, kalau seandainya masalahnya sudah diperbaiki.

Safe mode juga bisa dimasuki dengan bantuan tweak semacam SBSettings, Activator dan lainnya. Meskipun begitu, seseorang jarang memasuki Safe Mode kalau belum ada masalah.

No Substrate Mode

No-substrate Mode hampir sama dengan Safe Mode. Keduanya menonaktifkan aplikasi/tweak Cydia.

No-substrate Mode adalah kondisi ketika Substrate tidak berjalan sama sekali. Pada kondisi ini semua aplikasi dan tweak Cydia yang bergantung pada Substrate akan nonaktif, dan tampilan iOS akan menjadi standar seperti baru, atau biasa disebut stock.

No-substrate mode bisa dimasuki dengan merestart iDevice dan menekan tombol volume atas (+) pada saat proses booting. Cara lengkapnya seperti ini:

  • Tekan tombol power dan Home secara bersamaan.
  • Pada saat logo Apple muncul, lepaskan kedua tombol dan segera tekan dan tahan tombol volume atas (+) sampai iDevice nyala dengan normal (muncul lockscreen).

Kalau prosesnya sukses, iDevice akan berada pada kondisi no-substrate. Pada kondisi ini tampilan iOS akan menjadi normal kembali dan tidak ada tweak yang bisa berjalan/dijalankan. Aplikasi atau tweak Cydia yang terinstall juga tidak tampil di Settings.

Di mode ini pengguna bisa mencari dari mana sumber masalah dan segera menyelesaikannya. Ketika masalah masih muncul, itu berarti masalah yang terjadi tidak dipengaruhi oleh jailbreak.

Kesimpulan

Aplikasi atau tweak Cydia yang tidak kompatibel bisa membuat iDevice bermasalah. Maka untuk mencegah terjadinya bootloop (reboot berulang-ulang) dan kerusakan lainnya, Safe Mode akan menonaktifkan semua aplikasi/tweak secara bersamaan sehingga penyebab kerusakannya bisa dihentikan dan bisa dihapus oleh pengguna.

No-substrate adalah ketika iDevice booting tanpa Substrate sehingga semua aplikasi/tweak yang bergantung pada Substrate menjadi nonaktif.

Pada kondisi Safe Mode masih ada ekstensi/tweak Cydia yang berjalan yaitu Mobile Safety. Ini adalah tweak yang menampilkan antarmuka atau pesan Safe Mode (pesan seperti yang ada pada gambar di atas) yang berguna untuk memudahkan pengguna kalau ingin kembali ke mode normal. Pada kondisi no-substrate, semua tweak termasuk Safe Mode tidak berjalan sama sekali.

Sebagai analogi, bayangkan saja kipas angin yang dinyalakan dari stop kontak.

Mencabut stok kontak = Safe Mode,
Mematikan saklar PLN = No-substrate mode.

Safe Mode = semua aplikasi/tweak dinonaktifkan tetapi Substrate masih aktif.
No-substrate = Substrate tidak berjalan sama sekali.

Semoga ini bisa membantu menghilangkan kebingungan bagi siapa saja, khususnya pemula jailbreak.

Sebagai tambahan, Anda bisa membuat iDevice masuk ke Safe Mode atau No-substrate mode dengan bantuan aplikasi PowerApp.