Kapan nama “iPhone 2G” pertama kali digunakan?

Seperti yang hampir semua orang tahu bersama, kalau sebenarnya “iPhone 2G” itu adalah nama yang tidak resmi. “iPhone 2G” itu hanyalah nama yang digunakan orang-orang biar gampang membedakan iPhone generasi pertama dengan iPhone terbaru yang diluncurkan di tahun berikutnya, yaitu iPhone 3G.

Terus saya jadi penasaran, nama atau sebutan “iPhone 2G” ini pertama kali muncul di mana dan siapa yang pertama kali sebut begitu? Steve Jobs? Tim Apple? Atau anak Kaskus?

Setelah riset ke mana-mana dengan bantuan Wayback Machine-nya Internet Archive, akhirnya saya temukan jawabannya.

CNET

Kalau hasil riset saya tidak salah, yang pertama kali menggunakan istilah “iPhone 2G” untuk menyebut iPhone generasi pertama adalah seorang pembaca yang berkomentar di situs iphoneatlas.com (sudah diakuisisi oleh CNET). Artikel aslinya di situs iPhone Atlas tidak dapat saya temukan, namun artikel versi CNET yang mengutip komentar tersebut diterbitkan pada tanggal 5 Desember 2008, yang artinya kemunculan atau penggunaan nama “iPhone 2G” di Internet sudah lebih awal dari 5 Desember 2008.

Tapi yang disayangkan adalah karena nama panggilan yang diberikan pakai rumus nama resmi generasi kedua -1, sehingga muncullah nama “iPhone 2G”. Disayangkan karena smartphone fenomenal ini terpaksa menerima nama yang membuat orang-orang jadi menyoroti kekurangannya, mengingat saat itu sudah banyak perangkat yang sudah berteknologi 3G. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, “2G” itu masih mendingan sih, daripada disebut “iPhone can’t change wallpaper”, “iPhone no MMS”, atau “iPhone can’t record video”.

Nah, kalau teman-teman sebutnya apa? “iPhone ori”, “iPhone tu ji“, “iPhone dua ge“, atau “iPhone first gen”?