Google Plus

Berbeda dengan Facebook, Google tidak memberikan kita kesempatan memiliki nickname untuk profil pribadi di Google+. Kalau di Facebook kita bisa dengan mudah mengakses profil teman/saudara dengan mengetikkan username nya, maka di Google+ kita harus mengetik angka yang cukup panjang (mirip dengan url lama Facebook sebelum ada facebook.com/username), contohnya: https://plus.google.com/110008800487733148243/. Dengan mengetikkan url yang panjang seperti itu pasti membuat kita sulit membagi profil kita dengan orang lain. Untuk alasan itu kita membutuhkan sebuah nickname atau nama pendek yang bisa dengan mudah diingat.

Sebenarnya Google punya alasan mengapa tidak menggunakan nickname pada profil Google+, salah satu alasan yang masuk akal adalah untuk mencegah spammer untuk mencari tahu alamat email kita berdasarkan profil kita di Google+ (karena banyak akun Google berkaitan langsung dengan sebuah akun Gmail).

Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan nickname Google+ tanpa harus takut jadi sasaran spammer? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan Gplus.to.

Gplus.to adalah sebuah layanan gratis yang berguna untuk memendekkan link Google+ sehingga kita bisa memanfaatkannya sebagai nickname. Tapi meskipun layanan Gplus.to ini gratis, Gplus.to bukanlah layanan resmi dan bukan produk dari Google.

Layanan ini hanya bisa dipakai kalau Anda sudah punya profil di Google+, tapi kalau Anda belum punya saya bisa membagikan undangannya secara gratis.

Dapatkan nickname Google+ Anda

Untuk mendapatkan nickname Anda caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke http://gplus.to/
  2. Isi nickname/username yang Anda inginkan pada bagian Nick Name, dan isi Google ID Anda pada bagian Your Google+ ID.
  3. Gplus.to

  4. Kalau belum tahu Google+ ID Anda yang mana, silakan buka http://profiles.google.com/, angka-angka yang ada di address bar itulah yang disebut Google+ ID.
  5. Google+ ID

  6. Setelah semuanya terisi, klik tombol add untuk mengaktifkannya.

Segeralah membuat sebuah nickname/username Anda di Gplus.to , sebelum nama yang keren-keren diambil orang lain :)

Catatan:
Anda hanya bisa meregistrasikan Google+ ID Anda satu kali di Gplus.to. Jika Anda sudah pernah membuat id misalnya gplus.to/jack, kemudian Anda membuat sebuah username lagi di Gplus.to misalnya gplus.to/jack2, maka Anda akan mendapatkan pesan error seperti ini:

Gplus.to