Tentang file system iOS

File system iOS membuat setiap aplikasi berjalan pada space harddisk tersendiri. Untuk membuat file system tetap “bersih” maka setiap pengguna perangkat iOS (iPhone/iPad/iPod touch) tidak boleh mempunyai akses langsung ke keseluruhan file system, oleh karena itu semua aplikasi juga harus menuruti aturan ini.

Setiap aplikasi adalah sebuah pulau
Semua interaksi aplikasi pada file system dibatasi pada lingkungannya sendiri, yang disebut sandbox.

Sandbox adalah sebuah mekanisme pada sistem komputer yang menjalankan sebuah program tertentu dalam sebuah space hardisk dan memory tersendiri.

sandbox

Setiap ada aplikasi yang baru diinstall, kode-kode pada instalasi aplikasi tersebut akan membuat sebuah direktori khusus yang nantinya akan menjadi “rumah” dan sebagai tempat menyimpan data-data dari aplikasi tersebut.

Apps Sandbox

Setiap aplikasi iOS dioperasikan dalam sandbox tersendiri

Karena setiap aplikasi dioperasikan dalam sandbox tersendiri, setiap aplikasi tidak boleh mengakses atau membuat sebuah direktori baru diluar direktori rumah (home directory) dari aplikasi tersebut.

Untuk alasan keamanan, aplikasi-aplikasi iOS mempunyai tempat yang terbatas di mana ia boleh menempatkan data-datanya. Biasanya saat aplikasi diinstall akan terbentuk beberapa direktori baru di dalam direktori rumah (home directory) dari aplikasi iOS. Direktori-direktori baru inilah yang akan berisi data-data penting dari aplikasi yang terinstall.

Di bawah ini adalah direktori yang umum digunakan oleh aplikasi iOS dalam menyimpan data-datanya:

App directory

App/MyApp.app
Ini adalah direktori yang berisi aplikasi itu sendiri.

App/Documents/
Ini adalah direktori tempat menyimpan dokumen pengguna dan data-data berkaitan dengan aplikasi.

App/Documents/Library/
Direktori ini berisi data-data aplikasi yang tidak ada hubungannya dengan pengguna.

App/Documents/tmp/
Direktori yang digunakan untuk menempatkan data-data yang sifatnya sementara. Semua data pada direktori ini akan terhapus dengan sendirinya saat tidak lagi diperlukan oleh aplikasi.

Jailbreak adalah sebuah proses memodifikasi perangkat lunak Apple (iOS) agar user/pengguna dapat mengakses file system iOS secara keseluruhan. Dalam istilah Unix, ini berarti user dapat mengakses direktori root (“/”) yang merupakan hirarki tertinggi dalam file system Unix.