Apple ID

Apple ID, satu akun untuk semua layanan Apple.

Semua pengguna iDevice pasti sudah mengenal atau paling tidak pernah mendengar nama App Store. App Store adalah sumber dari semua aplikasi-aplikasi keren yang ada untuk iPhone, iPad atau iPod touch Anda. Anda butuh atau sedang mencari suatu aplikasi? Carilah di App Store, pasti aplikasi yang Anda cari itu ada diantara 750.000+ aplikasi yang tersedia di App Store.

Tapi, tidak semua orang bebas mendownload aplikasi dari App Store. Orang yang bisa mendownload aplikasi dari App Store harus memiliki akun iTunes atau Apple ID terlebih dahulu. Lalu bagaimana caranya membuat akun iTunes tersebut?

App Store bisa diakses dengan 2 cara, yaitu dari iTunes (aplikasi desktop) dan dari App Store (bukan iTunes) yang ada pada iPhone, iPad atau iPod touch.

Membuat Apple ID dari komputer

Update:
Tutorial membuat akun iTunes dari komputer ini menggunakan iTunes 11.

iMac
Untuk membuat akun iTunes dari komputer, pastikan kalau komputer Anda sudah terinstall iTunes.

Langkah-langkah:

  1. Klik pada menu iTunes Store yang ada pada menu sebelah kanan-atas,
  2. iTunes 11

  3. Pilih ikon bendera negara Anda (pilih Indonesia, untuk akun US caranya baca di sini) yang letaknya ada di sudut kanan-bawah. Secara default iTunes akan mendeteksi darimana Anda berada, jika terdeteksi dari Indonesia maka secara otomatis bendera Indonesia lah yang akan terpilih.
  4. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman depan iTunes Store.
  5. Penting: Sebelum pindah ke tahap selanjutnya, Anda harus mendownload sebuah aplikasi gratis (free app). Untuk menemukan sebuah aplikasi gratis Anda harus menelusuri panel yang ada di kolom sebelah kanan, pilih aplikasi apa saja yang ada label Top Free app-nya.
  6. iTunes Store

    Klik pada tulisan Free app yang ada dibawah ikon aplikasinya.
    iTunes Store

  7. Akan muncul sebuah jendela baru yang menyuruh Anda untuk memasukkan Apple ID dan password. Klik pada tombol Create Apple ID untuk membuat sebuah akun baru.
  8. iTunes Store

  9. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman “Welcome to the iTunes Store”, klik Continue.
  10. iTunes Store

  11. Setelah itu akan masuk ke halaman iTunes Store Terms & Conditions, beri tanda centang pada pilihan “I have read and agree to the iTunes Terms and Conditions”. Klik Continue.
  12. iTunes Store

  13. Selanjutnya masuk ke halaman pengisian data-data. Anda harus memasukkan data alamat email, password, pertanyaan & jawaban (untuk keamanan), dan tanggal lahir. Klik Continue untuk melanjutkan.
  14. iTunes Store

    Perhatian:
    Untuk membuat password yang benar, Anda harus memasukkan minimal 8 karakter yang terdiri dari huruf kapital + huruf kecil + angka.
    Contoh: pU5ing00, PUs1ng00, pus1nG00 atau mungkin PU5iNG00. Terserah Anda.

  15. Pada metode pembayaran pilih None.
  16. iTunes Store

  17. Kemudian isi informasi nama dan alamat Anda. Alamat ini sebaiknya alamat asli Indonesia. Mengisi data dengan alamat asli tidak masalah, karena data-data ini tidak akan disebar ke publik dan hanya Apple saja yang menyimpannya.
  18. Akan muncul sebuah halaman “Verify Your Apple ID”, klik Done dan cek inbox email Anda untuk melakukan verifikasi.
  19. iTunes Store

  20. Buka email Anda, dan klik pada link Verify Now untuk mengaktifkan akun iTunes Anda.
  21. iTunes Store

  22. Anda akan diarahkan ke situs Apple untuk melakukan login dengan akun yang baru saja Anda buat. Anda tinggal memasukkan lagi Apple ID (alamat email) dan passwordnya untuk mengaktivasi akun iTunes Anda.
  23. iTunes Store

    Kalau berhasil login maka akan ada pemberitahuan seperti dibawah ini. Klik Return to the Store untuk membuka iTunes secara otomatis.
    iTunes Store

  24. Selanjutnya, buka iTunes lagi dan klik tombol OK (pada langkah “Verify Your Apple ID”). Jika sudah muncul halaman seperti dibawah ini, itu artinya prosesnya berjalan lancar dan Anda sudah bisa mendownload aplikasi dari App Store.

iTunes Store

Membuat akun iTunes dari iPhone, iPad atau iPod touch

Update:
Dengan tampilan iOS 6.

iPad
Untuk membuat akun iTunes langsung dari iPhone, iPad atau iPod touch, pastikan kalau tidak ada akun yang ter-login pada App Store nya. Untuk memastikannya masuk ke Settings > Store dan cek, apakah belum ada akun yang pernah login sebelumnya. Kalau sudah ada, sebaiknya di Sign out terlebih dahulu, lalu melanjutkan proses membuat akun iTunesnya.

Langkah-langkah:

  1. Jalankan App Store dari iPhone, iPad atau iPod touch.
  2. Terlusuri daftar aplikasinya dan cari aplikasi yang gratis (free).
  3. Penting: sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, Anda harus mendownload dan menginstall aplikasi gratis tersebut, caranya adalah me-tap pada tombol FREE dan lanjutkan dengan INSTALL.
  4. App Store

    App Store

  5. Pilih Create New Apple ID
  6. App Store

  7. Pilih negara Anda (pilih Indonesia), dan tap Done
  8. App Store

  9. Pada tahap selanjutnya, masuk ke iTunes Store Terms & Conditions Anda harus men-tap tombol Agree untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  10. Masukkan alamat email, pertanyaan & jawaban keamanan, hari ulang tahun dan password. Tap Next.
  11. Selanjutnya pilih None pada metode pembayaran.
  12. App Store

  13. Berikutnya, masukkan alamat email, alamat rumah, dan nomor telepon. Lalu Next.
  14. Akan muncul halaman “Verify your Account”. Tap pada tombol Done dan buka email Anda untuk melakukan verifikasi.
  15. App Store

  16. Setelah email terbuka dan link verifikasi nya telah Anda klik, App Store akan otomatis terbuka dan meminta Anda untuk login dengan akun yang baru saja Anda buat.
  17. App Store login

  18. Tap pada Sign dan Anda akan melihat halaman ini (artinya sudah berhasil)
  19. App Store success

  20. Sampai pada tahap ini Anda telah berhasil membuat sebuah akun iTunes baru. Anda kini bisa menikmati aplikasi, iBooks, pada iPhone, iPad atau iPod touch Anda.
  21. App Store

    Update:
    Anda bisa membuat Apple ID US (United States) gratis dengan mengikuti tutorial di halaman ini.

    Referensi:
    [Apple Knowledge Base]