iTunes Logo

Beberapa pemilik iPhone/iPad/iPod touch (iOS Device atau disingkat iDevice) mungkin pernah atau sedang mengalami masalah di mana perangkatnya tidak terdeteksi sama sekali di komputer Windows, atau ada juga yang perangkatnya terdeteksi di komputer Windows tetapi data-data di dalamnya tidak bisa diakses oleh iTunes. Apa penyebabnya dan bagaimana memecahkan masalahnya?

Jika Anda mempunyai masalah seperti di atas, saya sarankan sebaiknya hindari 2 hal di bawah ini:

  • Erase All Content and Settings
  • Restore

Mengapa saya sarankan untuk menghindarinya? Alasannya:

Erase All Content and Settings:
Berbahaya bagi iDevice yang sudah di jailbreak. Melakukan Erase All Content and Settings akan menyebabkan iDevice tidak bisa boot dengan normal, dan iDevice yang tidak bisa boot dengan normal harus di restore.

Restore:
Restore memang akan menyelesaikan masalah Anda, tetapi Restore juga akan menghilangkan data-data Anda yang lain (kecuali Anda sudah membackupnya terlebih dulu). Selain itu iDevice yang sudah dijailbreak sebaiknya tidak di restore karena akan menghilangkan jailbreaknya.

Lalu bagaimana menyelesaikan masalahnya? Di sini saya membaginya menjadi 2; yaitu iDevice yang tidak terdeteksi oleh komputer, dan iDevice yang terdeteksi di komputer tetapi tidak bisa sync dengan iTunes.

Device tidak terdeteksi sama sekali di komputer Windows

Jika iDevice tidak terdeteksi di komputer, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan kalau Apple Mobile Device Support (AMDS) sudah terinstall di komputer Anda. Apple Mobile Device Support adalah driver Apple untuk perangkat mobilenya. Untuk mengeceknya caranya adalah:
    • Windows XP: Klik Start > Control Panel, masuk ke Add or Remove Programs dan cek apakah Apple Mobile Device Support termasuk diantara program yang terinstall.
    • Windows 7: Klik Start > Control Panel, masuk ke menu Programs and Features dan cek apakah Apple Mobile Device Support termasuk diantara program yang terinstall.

    Jika Apple Mobile Device Support tidak terdaftar (artinya tidak terinstall) maka Anda harus menghapus iTunes, QuickTime, Apple Software Update dan Apple Application Support, lalu menginstall kembali iTunes.

  2. Restart Apple Mobile Device Service (AMDS), caranya bisa dilihat di halaman ini (untuk Windows XP dan Windows 7).
  3. Ganti kabel data yang biasa Anda gunakan, bisa beli yang baru (original) ataupun pinjam punya teman

Update:
Buat pengguna iDevice yang mengalami masalah ini dikarenakan melakukan hard reset dalam kondisi iPhone yang sudah dijailbreak bisa memanfaatkan Sn0wbreeze dengan fitur iReb nya untuk membuat komputer membaca driver DFU dari iPhone.

Device terdeteksi, tetapi tidak bisa sync ke iTunes

Masalah ini juga sering dialami oleh pemilik iDevice, seperti yang terjadi pada iPad milik Daniel. Pada saat menghubungkan iPhone, iPad atau iPod touch muncul pesan error seperti ini:

“iTunes cannot read the contents of the iPad “xxx’s iPad”. Go to the Summary tab in iPhone preferences and click Restore to restore this iPhone to the factory settings.

iTunes error

Akibat dari masalah diatas adalah:

  • iDevice tidak bisa melakukan sync apps, music, dan movies
  • iDevice hanya menampilkan Serial number & Software version saja, sedangkan data-datanya tidak bisa diakses
  • iDevice dipaksa untuk melakukan restore (jangan lakukan)

Penyebab masalah:

  • Sering menggunakan program tambahan selain iTunes untuk mentransfer music/ringtones. Perlu diketahui, iTunes dan program tambahan lainnya mempunyai cara yang berbeda dalam mentransfer music/ringtones ke iDevice, oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan program selain iTunes (kalau tidak terpaksa).
  • File database iTunes yang ada pada direktori iDevice mengalami corrupt. File database yang corrupt tsb mengakibatkan iDevice tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan iTunes (tidak bisa sync, restore, dll).

Cara mengatasinya:

  1. Pastikan Anda sudah menginstall iTunes terbaru.
  2. Download salah satu program berikut ini dari halaman Downloads:
    • iPhone Explorer
    • iPhoneBrowser
    • i-FunBox
    • PhoneDisk
  3. Setelah terdownload, jalankan programnya.
  4. Hubungkan iPhone/iPad/iPod touch yang bermasalah ke komputer, dan tunggu sampai direktori dari iPhone/iPad/iPod touch terbaca dengan baik. Tidak perlu jalankan iTunes
  5. Telusuri direktori /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/iTunes/ kemudian hapus file yang bernama iTunesDB (iTunesDB adalah file database iTunes).

    Anda bisa membackupnya terlebih dahulu sebelum menghapusnya (untuk jaga2).

  6. Sampai tahap ini iTunes tidak akan menampilkan pesan error lagi, tetapi semua music yang ada di iDevice Anda akan menghilang dari daftar iTunes. Walaupun menghilang tetapi sebenarnya filenya masih ada di iDevice, ini disebabkan karena databasenya sudah dihapus (iTunesDB).

  7. Karena file music di iDevice sudah menghilang dari iTunes, mau tidak mau kita juga harus menghapus file aslinya, yah setidaknya Anda bisa memasukkannya kembali kalau masalahnya sudah beres. Cara menghapusnya:
    • Telusuri direktori /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/Music
    • Hapus semua folder yang ada didalam folder Music tersebut.
  8. Selanjutnya cabut iDevice dari komputer lalu hubungkan kembali.
  9. Jalankan iTunes dan cek apakah iDevice Anda sudah bisa di sync kembali.

Referensi:
[Apple Support]
[Hackint0sh.org]
[Macrumors]